Kamis, 17 Desember 2009

Tips Perawatan Notebook


Saat ini notebook sudah tidak asing lagi, hampir semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen birokrat, pebisnis sudah menggunakan notebook dalam menjalankan aktivitasnya. Namun seiring berjalannya waktu banyak dari kalangan mereka hanya sekedar bisa mengoperasikan laptop tapi kurang mengetahui bagaimana agar laptop bisa terawat dengan baik dan berumur panjang.
Perawatan dan pemeliharaan notebook harus menjadi perhatian utama pengguna, khususnya jika notebook atau laptop itu sering dibawa kemana-mana. Bagaimana agar notebook Anda memiliki kinerjanya tetap optimal dan selalu tampak terawat. Berikut beberapa tips merawat laptop yang bisa anda praktekkan. Tips ini saya kumpulkan dari berbagai situs/web semoga bermanfaat :





Tips Agar Awet dan tahan Lama saat menggunakan Batery

Lakukan defrag secara teratur
Semakin cepat kinerja hard drive anda maka semakin hemat baterai anda, oleh karena itu buat hard drive anda seefisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur. Cara mendefrag klik START, kemudian All programs lalu Accessories, pilih Sistem Tools dan klik Disk Defragmenter. Lalu lakukan defrag untuk masing-masing partisi pada laptop anda. Lakukan disk defragment ini secara rutin (seminggu sekali bagi pengguna yang setiap hari aktivitasnya menggunakan notebook) Jika hal ini belum pernah dilakukan maka hal ini akan cukup memakan waktu.

Kurangi cahaya monitor anda
Untuk menghemat energi baterai anda, kurangi cahaya monitor laptop sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan keyboard seperti laptop Accer dengan menekan key Fn dan ◄ secara bersamaan. Semakin sedikit pencahayaan semakin panjang masa menggunkan batery.

Hindari menyambung kabel terus-menerus
Kebiasaan mencolokkan kabel saat baterai telah penuh adalah awal kerusakan baterai. Jika baterai telah penuh lepaskan kabel pengecasan. Maka selalu awasi kode lampu yang menunjukkan baterai telah penuh, segera lepaskan kabelnya. Sehingga laptop bekerja dengan baterai.
Selain itu anda juga dapat melepas batery dan hanya menggunakan listrik saja, tapi hati-hati (Jika tidak pake UPS, lebih baik baterai laptop tidak dilepas) resiko kehilangan data jika listrik mendadak mati, Notebook lebih rentan terhadap loncatan arus yang tiba-tiba, seperti bila terjadi konsleting, mati listrik mendadak dll. Umumnya banyak kasus kerusakan motherboard karena berdalih merawat batery kemudian mencopot bateray, tetapi tidak menggunakan UPS sehingga kerusakan justru terjadi di MBnya, dengan kasus seperti ini bukanya merawat laptop tetapi justru menimbulkan masalah baru.

Matikan program yang tidak perlu
Jika anda tidak menggunakan program tersebut sebaiknya anda matikan, misalnya: Itunes, Desktop Search, dan lainnya. Program-program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Yah kira-kira sesuai motto PLN, yang penting matikan disaat penting. Eh salah yang penting matikan yang tidak penting.

Matikan hardware eksternal
Alat-alat eksternal yaitu yang disambung dengan USB (termasuk mouse dan cooling pad anda) dan WiFi, atau printer yang selalu terpasang ke Laptop, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan.

Ganti mouse dan keyboard wireless
Jika anda memang harus menggunakan mouse dan keyboard ekternal, maka gunakan perangkat yang menggunakan kabel bukan wireless mouse. Hal ini dikarenakan mouse dan keyboard yang memiliki kabel relative menghabiskan sedikit energi dan lebih menghemat penggunaan baterai.

Tambahkan RAM
Jika anda sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, sebaiknya anda menambah RAM laptop anda. Penggunaan virtual memory lebih membebani hard drive sehingga baterai laptop lebih cepat habis.

Gunakan hard drive daripada CD/DVD
Walaupun hard drive banyak menghabiskan tenaga baterai, tetapi CD dan DVD menghabiskan energi lebih banyak lagi, bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Jika memungkinkan simpan dalam harddisk anda. Akan lebih baik jika menggunakan program virtual drive seperti Alcohol 120%.

Jaga kebersihan baterai.
Coba buka baterai yang terdapat dibagian bawah laptop anda dan bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur, sehingga transfer energi dari baterai anda menjadi lebih efisien.

Jaga kondisi baterai.
Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, anda sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika baterai laptop anda Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.

Pilih hibernate, jangan standby
Seringkali kita membuat laptop dalam mode standby sehingga dapat langsung aktif saat disentuh walaupun ditinggal tidur. Hal ini memang menghemat baterai dan anda dapat langsung menggunakan laptop anda kapan saja. Tetapi sebenarnya laptop anda tidak benar-benar mati.
Maka, sebaiknya gunakan fungsi hibernate yang dapat menghemat energi listrik jauh lebih banyak karena fungsi ini benar-benar mematikan laptop anda jika tidak disentuh dalam kurun waktu yang anda tentukan sendiri.
Untuk melakukan hibernate bisa dilakukan pada control panel atau pada layar depan dengan mengklik kanan dan mengambil Properties, Screen Saver, dan pilih Power yang berada di kanan bawah. Silahkan atur waktu hibernation-nya. Setelah hibernate, jika anda menekan tombol power, ia akan kembali seperti sebelum saat mati. Jadi anda dapat meneruskan tugas anda atau tulisan anda.

Atur ‘power options’ supaya optimal
Pilih ‘Power Options’ di control panel anda dan aturlah supaya penggunaan energi laptop tetap optimal (pilih Max Battery) untuk efek maksimum).

Hindari multitasking
Lakukan sesuatu secara satu persatu jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika anda memang ingin menghemat baterai anda karena hal ini menguras energi.

Kurangi beban CPU anda.
Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan winamp apalagi game atau menonton DVD, pasti cepat habis. Jadi pilih prioritas anda dengan bijaksana.

Kurangi beban grafis
Anda bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar anda dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.

Matikan computer Anda
Jika Anda tidak menggunakannya untuk beberapa jam, seperti di waktu tengah malam sebaiknya ya matikan saja. Anda masih dapat menghemat energi, walaupun computer Anda mungkin tidak mati dengan sempurna, yakni dengan men-setting fungsi management power pada computer Anda untuk membuat monitor dan computer (CPU, harddisk, dan sebagainya) dalam mode ‘sleep’ setelah beberapa jam tidak digunakan. Hal tersebut dapat menghemat energi ketika Anda tidak aktif menggunakan computer. Tapi seperti telah disebutin di atas, hibernation lebih irit lagi.

Jaga suhu laptop anda.
Laptop akan berfungsi dengan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Maka bersihkanlah ventilasi udaranya dengan kain halus atau pembersih keyboard. Bila menggunakan pelindung keyboard, lepaskan jika suhu terasa meningkat.

Jangan menggunakan laptop di tempat tidur
Begini bila bagian bawah laptop tertutup hal ini akan meningkatkan suhu laptop. Jadi menggunakan laptop dengan beralaskan bantal adalah suatu ide yang buruk karena akan menutupi ventilasi udara. Pikirkan juga bila anda menggunakan pembungkus laptop yang menghalangi ventilasi.


Merawat casing notebook
Casing merupakan bagian notebook yang berhubungan secara langsung dengan dunia luar (debu, uap air, dan suhu). Karena itu, secara teratur, bersihkan casing notebook Anda dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi sedikit deterjen. Sebaiknya, gunakan deterjen yang tidak mengandung zat alkalin. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan lap khusus yang bisa didapat di toko-toko komputer.
Juga, agar casing tampak selalu baru, hindari menggores casing dengan benda tajam atau menuangkan cairan seperti lem ke atasnya. Jika Anada hendak bepergian, masukkanlah selalu notebook Anda pada wadah/ tas yang telah disediakan.

Berikut langkah-langkanya :

  1. Untuk membersihkan pelindung plastik dan keyboard, gunakan kain yang lembut, basahi sedikit dengan deterjen atau cleaning kit, gunakan sikat bulu yang lembut.
  2. Jangan menggunakan alkohol, bahan pelarut petroleum-based, atau deterjen kasar untuk membersihkan notebook.
  3. Jangan menyemprotkan cairan apapun secara langsung di atas notebook, keyboard, atau layar.
  4. Bersihkan Kipas, headsing menggunakan sikat bulu yang lembut. 


Merawat Layar
Kebanyakan notebook menggunakan layar LCD (Liquid crystal display) atau layar kristal cair. Sperti tercermin dalam namanya, LCD dibentuk oleh cairan kristal untuk menghasilkan gambar. Karena tipis atau rapuh jagalah agar layar tidak terkena benda-benda tajam khususnya yang bisa menimbulkan lubang atau goresan. Jika harus menunjuk sesuatu pada layar denga jari atau pulpen, jagalah agar pulpen atau jari kita tidak mengenai layar atau menekannya terlalu keras. (Tips: beri screen protector untuk menghindari kontak lansung ke layar LCD). Hindarkan layar LCD kontak dengan magnet. Bersihkan layar dengan pembersih kaca yang lembut dan bersihkan secara hati-hati. Jangan menggunakan kertas untuk membersihkan layar, kertas dapat menyebabkan goresan.

Merawat Harddisk
1.      Selalu backup file data yang ada di harddisk.
2.      Instal program anti virus untuk mengawasi virus yang dapat merusak file Anda.
3.      Gunakan scandisk untuk mengoreksi error yang ditemukan di direktori dan File
4.      Hindarkan dari kegoncangan

Perlakukan notebook anda seperti berikut
1.      Hindarkan notebook dari goncangan atau getaran.
2.      Jangan meletakkan notebook pada permukan yang tidak rata/stabil.
3.      Jangan meletakkan apapun yang berat di atas notebook.
4.      Hindarkan notebook dari panas yang berlebihan atau terkena sinar matahari langsung.
5.      Jangan meletakkan notebook pada tempat dimana benda asing atau uap yang lembab bisa mempengaruhi sistemnya.
6.      Jangan menggunakan atau menyimpan notebook di tempat yang lembab.
7.      Jangan meletakkan notebook di tempat yang bisa menutupi ventilasinya.
8.      Jangan mematikan powernya sampai Anda sudah menutup semua program dengan benar.
9.      Jangan mematikan perangkat peripheral apapun selama Anda notebook sedang menyala.
10.  Jangan melepas perangkat notebook sendiri.
11.  Lakukan perawatan rutin pada notebook Anda.
12.  Lepaskan kabel power sebelum memasang perangkat peripheral
13.  Jangan menyimpat notebook didalam mobil kemudian memarkir di tempat yang panas.
14.  Satu lagi yang tak kalah penting, baca habis manual notebook yang diberikan produsen notebook anda, sering-sering lihat review dan support dari website tentang notebook anda.

Source:
Judul              : Tips cara merawat notebook agar lebih awet
Alamat           : http://danus18.multiply.com/journal/item/1
Penulis           : Danu18
Waktu akses  : 10 Desember 2009

Judul              : Tips Praktis Merawat Notebook atau laptop
Penulis           : faritz_hadiid
Waktu akses  : 10 Desember 2009

Judul     :  Tips Merawat Baterai Laptop/Notebook
Penulis  :  Afandi Ahmad 
Aakses : 10 Desember 2009

Judul     :  [TIPS] Perawatan dan penghematan Baterai notebook
Penulis  : arie21
Aakses : 16 Desember 2009

Judul    :  Top 15 Ways to Extend Your Laptop’s Battery Life
Penulis :  -
Akses  : 16 Desember 2009

Judul      :  Tips Memelihara/Merawat Notebook (Laptop)
Penulis   :  Arief Murakata
Akses    : 16 Desember 2009

Judul      : Top Tips to Extend Your Laptop Battery Life
Penulis   : Erik Rhey
Akses    : 16 Desember 2009

1 komentar:

Joe Decoration Expert mengatakan...

Terimakasih banyak kawan, saya lagi nyari dan butuh cara-cara merawat dan memperbaiki laptop neh.. salam kenal ya
@ ansav juni 2010.

Template By -2008